Wednesday 11 May 2011

Petunjuk Pelaksanaan Lomba Kopabara

I. KETENTUAN KHUSUS

a. Persyaratan Peserta
  1. Setiap pasukan terdiri dari 18 orang inti, 1orang komandan, dan 3 orang cadangan.
  2. Peserta adalah siswa/i sekolah bersangkutan yang namanya telah dicantumkan dalam Formulir pendaftaran KOPABARA.
  3. Peserta wajib melaporkan setiap penggantian anggota pasukan kepada panitia dan penggantian hanya dapat dilakukan selama peserta masih berada di Daerah Persiapan Awal (DPA).
  4. Peserta cadangan yang dapat menggantikan pasukan inti adalah yang terdaftar pada Formulir Pendaftaran KOPABARA.
  5. Peserta diperkenankan mengubah posisi pasukan yang tercantum dalam Form Posisi Formasi Variasi kecuali posisi Komandan.
b. Ketentuan Lomba
  1. Ketentuan lagu dianjurkan berkaitan dengan tema CREATION yaitu “GAMES”
  2. Peserta tampil berdasarkan nomor urut peserta.
  3. Nomor urut peserta diundi pada saat Technical Meeting.
  4. Panitia memanggil setiap peserta yang akan tampil sebanyak 3 kali berturut-turut, apabila peserta tidak hadir maka akan ditempatkan pada nomor terakhir dan dikenakan pengurangan nilai.
  5. Waktu tampil peserta adalah 15 menit dihitung dari saat Dewan Juri menjawab laporan pertama dari komandan dan berakhir pada saat saf terakhir keluar dari arena lomba.
  6. Setelah dipersilahkan oleh juri untuk memulai lomba lagu akan langsung diputar dan peserta dapat memulai lomba (tanpa aba-aba khusus)
  7. Arena lomba adalah lapangan yang dibatasi oleh garis pembatas. Apabila peserta melewati batas akan dikenakan pengurangan nilai.
  8. Panitia akan mengumumkan waktu tampil peserta.
  9. Komandan pingsan, lomba diberhentikan. Diperbolehkan adanya pergantian komandan pada waktu persiapan lomba dan sepengetahuan panitia.
  10. Bagi peserta lomba yang mengenakan atribut PPI dan militer, akan didiskualifikasi.
  11. Bagi supporter lomba yang memberi kode isyarat pada waktu berjalannya lomba, maka akan didiskualifikasi.
c. Ketentuan Apel
  1. Peserta diwajibkan untuk mengirimkan 10 orang perwakilannya untuk mengikuti apel pembukaan. Apabila jumlah perwakilan apel kurang dari yang ditentukan pada saat apel dinyatakan dimulai maka akan dikenakan pengurangan nilai
  2. Apel dinyatakan dimulai saat pemimpin apel memasuki lapangan, perwakilan peserta yang terlambat tidak diperbolehkan masuk dan dianggap tidak mengikuti apel.
  3. Peserta yang tidak mengikuti apel akan mendapat pengurangan nilai.
d. Ketentuan Pendaftaran Ulang Peserta
  1. Peserta dapat melakukan pendaftaran ulang di meja registrasi sebelum apel dimulai hingga batas waktu akhir pendaftaran ulang yang telah ditentukan oleh panitia.
  2. Batas waktu akhir pendaftaran ulang adalah pukul 10.00 WIB.
  3. Pendaftaran ulang dilakukan oleh siswa yang mewakili peserta dari sekolah masing –masing.
  4. Peserta wajib menunjukkan bukti pendaftaran lomba berupa kwitansi pembayaran beserta Copy Formulir Pendaftaran KOPABARA dan Form Posisi Formasi Variasi yang telah dimasukkan ke dalam map warna merah.
  5. Peserta dapat mengambil nomor urut peserta pada saat pendaftaran ulang.
  6. Apabila administrasi tidak lengkap atau tidak sesuai dengan ketentuan maka akan dikenakan pengurangan nilai.
e. Ketentuan Pemenang
  1. Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian berdasarkan hasil dari penilaian dan keputusan Dewan Juri.
  2. Pemenang juara umum adalah peserta yang mendapatkan piala terbanyak.
  3. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapt diganggu gugat.
  4. Segala hal yang berhubungan dengan hasil penilaian dan keputusan lomba adalah hak dan tanggung jawab juri.
  5. Seluruh form penilaian juri akan direkapitulasi untuk menentukan peringkat dan pemenang lomba.

II. PERLENGKAPAN PESERTA LOMBA

a. Kriteria Pakaian
  1. Pakaian/seragam pasukan adalah bebas sopan sesuai tema yang telah ditentukan.
  2. Setiap pasukan diperkenankan mengenakan atribut sekolah masing-masing, properti dll selama tidak mengenakan atribut PPI.
  3. Penilaian terhadap pakaian/seragam meliputi keseragaman, kerapian, kekompakan dan keterkaitan dengan tema yang telah ditentukan.
  4. Nomor urut peserta dipakai oleh komandan di dada sebelah kanan

III. FORMAT PENILAIAN



NB : Formulir dan syarat ketentuan lainya dapat di unduh di kolom Registration

CP:
Danny : 085719609490
Adlina : 08567228383

No comments:

Post a Comment