I. KETENTUAN KHUSUS
a. Persyaratan Peserta
- Setiap pasukan terdiri dari 18 orang inti, 1orang komandan, dan 3 orang cadangan.
- Peserta adalah siswa/i sekolah bersangkutan yang namanya telah dicantumkan dalam Formulir pendaftaran KOPABARA.
- Peserta wajib melaporkan setiap penggantian anggota pasukan kepada panitia dan penggantian hanya dapat dilakukan selama peserta masih berada di Daerah Persiapan Awal (DPA).
- Peserta cadangan yang dapat menggantikan pasukan inti adalah yang terdaftar pada Formulir Pendaftaran KOPABARA.
- Peserta diperkenankan mengubah posisi pasukan yang tercantum dalam Form Posisi Formasi Variasi kecuali posisi Komandan.
- Ketentuan lagu dianjurkan berkaitan dengan tema CREATION yaitu “GAMES”
- Peserta tampil berdasarkan nomor urut peserta.
- Nomor urut peserta diundi pada saat Technical Meeting.
- Panitia memanggil setiap peserta yang akan tampil sebanyak 3 kali berturut-turut, apabila peserta tidak hadir maka akan ditempatkan pada nomor terakhir dan dikenakan pengurangan nilai.
- Waktu tampil peserta adalah 15 menit dihitung dari saat Dewan Juri menjawab laporan pertama dari komandan dan berakhir pada saat saf terakhir keluar dari arena lomba.
- Setelah dipersilahkan oleh juri untuk memulai lomba lagu akan langsung diputar dan peserta dapat memulai lomba (tanpa aba-aba khusus)
- Arena lomba adalah lapangan yang dibatasi oleh garis pembatas. Apabila peserta melewati batas akan dikenakan pengurangan nilai.
- Panitia akan mengumumkan waktu tampil peserta.
- Komandan pingsan, lomba diberhentikan. Diperbolehkan adanya pergantian komandan pada waktu persiapan lomba dan sepengetahuan panitia.
- Bagi peserta lomba yang mengenakan atribut PPI dan militer, akan didiskualifikasi.
- Bagi supporter lomba yang memberi kode isyarat pada waktu berjalannya lomba, maka akan didiskualifikasi.
- Peserta diwajibkan untuk mengirimkan 10 orang perwakilannya untuk mengikuti apel pembukaan. Apabila jumlah perwakilan apel kurang dari yang ditentukan pada saat apel dinyatakan dimulai maka akan dikenakan pengurangan nilai
- Apel dinyatakan dimulai saat pemimpin apel memasuki lapangan, perwakilan peserta yang terlambat tidak diperbolehkan masuk dan dianggap tidak mengikuti apel.
- Peserta yang tidak mengikuti apel akan mendapat pengurangan nilai.
- Peserta dapat melakukan pendaftaran ulang di meja registrasi sebelum apel dimulai hingga batas waktu akhir pendaftaran ulang yang telah ditentukan oleh panitia.
- Batas waktu akhir pendaftaran ulang adalah pukul 10.00 WIB.
- Pendaftaran ulang dilakukan oleh siswa yang mewakili peserta dari sekolah masing –masing.
- Peserta wajib menunjukkan bukti pendaftaran lomba berupa kwitansi pembayaran beserta Copy Formulir Pendaftaran KOPABARA dan Form Posisi Formasi Variasi yang telah dimasukkan ke dalam map warna merah.
- Peserta dapat mengambil nomor urut peserta pada saat pendaftaran ulang.
- Apabila administrasi tidak lengkap atau tidak sesuai dengan ketentuan maka akan dikenakan pengurangan nilai.
- Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian berdasarkan hasil dari penilaian dan keputusan Dewan Juri.
- Pemenang juara umum adalah peserta yang mendapatkan piala terbanyak.
- Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapt diganggu gugat.
- Segala hal yang berhubungan dengan hasil penilaian dan keputusan lomba adalah hak dan tanggung jawab juri.
- Seluruh form penilaian juri akan direkapitulasi untuk menentukan peringkat dan pemenang lomba.
a. Kriteria Pakaian
- Pakaian/seragam pasukan adalah bebas sopan sesuai tema yang telah ditentukan.
- Setiap pasukan diperkenankan mengenakan atribut sekolah masing-masing, properti dll selama tidak mengenakan atribut PPI.
- Penilaian terhadap pakaian/seragam meliputi keseragaman, kerapian, kekompakan dan keterkaitan dengan tema yang telah ditentukan.
- Nomor urut peserta dipakai oleh komandan di dada sebelah kanan
III. FORMAT PENILAIAN
NB : Formulir dan syarat ketentuan lainya dapat di unduh di kolom Registration
CP:
Danny : 085719609490
Adlina : 08567228383
No comments:
Post a Comment